Kamis, 26 Maret 2009

ABSTRAK


Topan Bayu Sandiko, Nim: 03310497, Jurusan SENDRATASIK, Program Studi Seni Musik, mengambil judul skripsi yaitu APRESIASI MUSIK TRADISI MELAYU DI SUMATERA UTARA OLEH MAHASISWA DARMASISWA UNIMED TAHUN AJARAN 2008/2009.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana apresiasi mahasiswa Darmasiswa UNIMED terhadap musik Melayu di Sumatera Utara. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa luar negeri (asing) yang sedang mengikuti program beasiswa Darmasiswa di UNIMED tahun ajaran 2008/2009. Sedangkan sampelnya adalah seluruh mahasiswa Darmasiswa yang berjumlah tujuh orang.

Tempat penelitian ini berlangsung dikediaman mahasiswa Darmasiswa tepatnya di mess mahasiswa Universitas Negeri Medan yang saat ini menjadi tempat kediamana mereka selama di Indonesia dan selama mereka menjalani program beasiswa Darmasiswa. Selain itu penulis juga mengambil tempat penelitian lain seperti di pesta pernikahan yang menggunakan adat Melayu tepatnya di Jl Brigjen Katamso Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualiatatif.

Hasil penelitian menunjukan apresiasi mahasiswa Darmasiswa terhadap musik Melayu Sumatera Utara cukup baik, hal ini dibuktikan dengan sikap dan peran aktif mereka, atau memberikan respon positif pada setiap diskusi tentang musik Melayu, serta latihan dan praktik musik Melayu secara terbimbing.

2 komentar:

  1. msntaf bro...

    tingkatkan sistem musik di indonesia...

    hidup musik dan sendratasik unimed

    ochanbhancine@wordpress.com

    BalasHapus
  2. Mantap bro musik melayu juga perlu di banggakan

    Berita musik

    BalasHapus